Selasa, 12 Oktober 2010

Arti Pentingnya Organisasi dan Metode

Istilah organisasi dapat diartikan sebagai :
- Wadah : sekelompok manusia untuk saling bekerja sama.
- Proses : pengelompokkan manusia dalam suatu kerjasama yang efisien

Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.

Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :

Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang menentukan bagi berhasilnya proses managemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.

Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :

a. Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang stepat-tepatnya.
b. Organisasi dan metode penting bagi kegiatan managemen.
c. Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
d. Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.

Managemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manager) yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerjasama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.

Kegiatan managemen :
a. Planning (perencanaan)
Merupakan pemikiran,dugaan dan penentuan prioritas-prioritas yang harus dilakukan dengan rasional sebelum melakukan tindakan yang sebenarnya.

b. Organizing (pengorganisasian)
Merupakan proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit-unit kerja dan fungsi-fungsinya serta penempatan mengenai orang yang menduduki fungsi-fungsi tersebut secara tepat.

c. Motivating (pendorongan)
Mencakup segi-segi perangsang baik yang bersifat rohaniah seperti kenaikan pangkat,pendidikan dan pengembangan karier,pemberian cuti dan sebagainya.

d. Controlling (pengendalian)
Merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk mengadakan pengawasan, penyempurnaan dan penilaian sehingga dapat mencapai tujuan yang direncanakan.

Keempat kegiatan managemen tersebut tidak dapat terlaksana tanpa adanya sumber-sumber ataupun sarana yang didayagunakan secara tepat. Sumber-sumber yang dimaksud disebut 6M.

a. Manusia atau tenaga kerja (man power)
b. Uand atau dana (money)
c. Bahan – bahan atau material (materials)
d. Mesin dan peralatan (machines and equipment)
e. Tata kerja (Methods)
f. Pasar (market)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 12 Oktober 2010

Arti Pentingnya Organisasi dan Metode

Istilah organisasi dapat diartikan sebagai :
- Wadah : sekelompok manusia untuk saling bekerja sama.
- Proses : pengelompokkan manusia dalam suatu kerjasama yang efisien

Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.

Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :

Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang menentukan bagi berhasilnya proses managemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.

Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :

a. Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang stepat-tepatnya.
b. Organisasi dan metode penting bagi kegiatan managemen.
c. Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
d. Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.

Managemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manager) yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerjasama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.

Kegiatan managemen :
a. Planning (perencanaan)
Merupakan pemikiran,dugaan dan penentuan prioritas-prioritas yang harus dilakukan dengan rasional sebelum melakukan tindakan yang sebenarnya.

b. Organizing (pengorganisasian)
Merupakan proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit-unit kerja dan fungsi-fungsinya serta penempatan mengenai orang yang menduduki fungsi-fungsi tersebut secara tepat.

c. Motivating (pendorongan)
Mencakup segi-segi perangsang baik yang bersifat rohaniah seperti kenaikan pangkat,pendidikan dan pengembangan karier,pemberian cuti dan sebagainya.

d. Controlling (pengendalian)
Merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk mengadakan pengawasan, penyempurnaan dan penilaian sehingga dapat mencapai tujuan yang direncanakan.

Keempat kegiatan managemen tersebut tidak dapat terlaksana tanpa adanya sumber-sumber ataupun sarana yang didayagunakan secara tepat. Sumber-sumber yang dimaksud disebut 6M.

a. Manusia atau tenaga kerja (man power)
b. Uand atau dana (money)
c. Bahan – bahan atau material (materials)
d. Mesin dan peralatan (machines and equipment)
e. Tata kerja (Methods)
f. Pasar (market)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar